MMA (Meet Mania of Agrabah) - Hari Raya Qurban di PPM Syafi'ur Rohman

Idul Adha Event

Diunggah oleh admin pada 2024-08-08 04:08:18 |

Kirim : | | |
Kunjungan: 70


MMA (Meet Mania of Agrabah) - Hari Raya Qurban di PPM Syafi'ur Rohman

Pada suatu hari, dimana setiap umat yang ber-keyakinan muslim sedang memiliki suatu acara besar-besaran. Yang mana pada hari itu, memiliki beberapa keutamaan yang sangat luar biasa. Yaitu dengan adanya seorang yang ikut berusaha untuk mendapatkan hewan qurban, maka dirinya akan mendapatkan pahala yang lebih baik bila dibandingkan dengan adanya seorang yang ikut dalam peperangan dizaman nabi dahulu ia pulang dalam keadaan tinggal Namanya saja atau bisa diartikan bahwasanya seorang tersebut wafat dalam peperangan itu.

Hari yang dimaksud itu tepat pada tanggal 10 dzulhijah pada tanggalan hijriah. Yang mana pada tanggal itu biasa disebut oleh kebanyakan umat dengan sebutan Hari Raya Idul Adha atau juga biasa disebutkan oleh kebanyakan suku jawa dengan sebutan Riyoyo Besar. Idul adha ini memiliki sejarah singkat yaitu Ketika Nabi Ibrahim ditugaskan oleh allah pergi jauh meninggalkan istrinya dan anaknya pada gurun pasir antara bukit sofa dan marwa. Singkat cerita banyak kisah yang telah mereka lalui dan sampailah pada waktu yang berbahagia bagi keluarga nabi Ibrahim itu. Yang mana setelah sekian lamanya tak bertemu dengan anak dan istrinya. Pada saat itu mereka akhirnya bertemu juga. Tak lama, selang beberapa hari dari bertemunya mereka bertiga, Nabi Ibrahim memiliki mimpi untuk menyembelih anaknya itu sampai diriwayatkan 3 kali mimpian. Lalu Ketika memang dikonfirmasi oleh bapak kepada anakmya, Tak disangka sangka ternyata jawaban sang anak dengan ketulusan hatinya mengucapkan bahwa “iya sudah pak, jika memang itu perintah yang allah berikan kepada mu, maka laksanakanlah.” Lalu benar, dilasanakannya oleh bapak itu untuk menyembelih anaknya. Akan tetapi karena allah benar-benar tidak tidur, maka si-anak itu ditukarkan dengan domba. Karena sebab itulah setiap tanggal 10 dzulhijah, untuk dapat memeringati hari besar ini yang mana hal ini juga termasuk dalam melaksanakannya sunnah rasul untuk dapat menyembelih hewan qurban.


Alhamdulillah robbal alamin di pondok pesantren mahasiswa ini dapat menyembelih 6 sapi dengan memiliki tubuh yang lumayan memuaskan yang mana juga merupakan suatu indicator dari daging sapi yang bobot sangat banyak. Bahkan dikabarkan sampai almari es pada asrama telah terpenuhkan dengan adanya daging. Maka dari itu dari mahasiswa ini sendiri memiliki inisiatif untuk diadakan acara untuk dapat membarokahkan daging tersebut.


Dikarenakan hari raya qurban ini merupakan acara tahunan, maka adanya banyak daging pada lemari es penyimpanan daging tersebut selalu penuh. Maka setiap tahunnya pun juga selalu diadakannya acara pembarokahan daging ini. Pada mulanya dikenal dengan acara MNM (Meet and Might). Yang mana setiap tahunnya berbeda beda nama dari acara ini.


Pada kesempatan kali ini acara meet and might dilakukan dengan judul acara MMA (Meet Mania of Agrabah). Dengan pengertian dari meet sendiri dalam Bahasa inggris diberi makna sebagai suatu pertemuan. Mania dalam bahasa menggambarkan sebagai suasana hati yang sangat riang dan bersemangat. Adapun pada suku kata yang ketiga yaitu pada suku kata Agrabah yang terinspirasi dari film aladin yang bertemakan ke-arab araban. Maka dari itu tema dari suasana yang ada di ruangan acara ini dibentuk sedemikian kreatif dan bagusnya menggambarkan tentang tema ke-arab araban.

Acara tersebut sangatlah menarik dan seru. Dengan pemeran MC dari saudara Ilvan dan Brian yang mana mereka sama sama dari Angkatan 2021 dengan kostum menyerupai aladin diperankan oleh Ilvan dan kostum jubah seperti seorang raja yang diperankan oleh Brian.


Mereka berdua membuka acara MMA ini dengan sebuah kisah aladin yang sangat professional. Mulai cara dia berkostum dan berpenampilan sesuai dengan porsinya sampai mereka memerankan sebagaimana peran yang harus dilakukan dengan sangat luar biasa.


Setelah pembukaan itu, mereka mngarahkan dari para peserta untuk dapat memainkan game game yang sangat menyerukan sekali. Mereka para MC dapat membuat suasana dari acara tersebut menjadi sangat meriah. Dimana walau ada banyak teka teki silang ataupun tebak-tebakan yan lainnya sangat tidak bisa dinalar oleh kebanyakan manusia, akan tetapi hal itulah yang dapat menjadi bumbu-bumbu kemanisan dan keseruan dari acara tersebut.


Dan pada akhirnya diakhir acara ditutup dengan penontonan video vlog pendek dari kegiatan qurban tempo hari yang lalu, dengan disambi makan bersama yang bertemakan dagingdagingan. Bahkan kebanyakan mahasiswa yang hadir dan ikut serta dalam kagiatan tersebut sangatlah riang gembira. Dikarnakan system nya dapat menambah daging apabila memang dirasa kurang. Juga bisa digambarkan bahwa acara tersebut seperti pada resto all you can eat.

Komentar :